Afrizal-Susanto

Your description goes here

  • RSS
  • Delicious
  • Facebook
  • Twitter

Popular Posts

Hello world!
Righteous Kill
Quisque sed felis

About Me

Foto saya
Payakumbuh, Sumbar, Indonesia

Popular Posts

Thumbnail Recent Post

Righteous Kill

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Quisque sed felis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Etiam augue pede, molestie eget.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Hellgate is back

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit ...

Post with links

This is the web2feel wordpress theme demo site. You have come here from our home page. Explore the Theme preview and inorder to RETURN to the web2feel home page CLICK ...

Kondisi longsor di Maek Limapuluhkota
                   Hujan deras yang mendera Limapuluh Kota seminggu terakhir ini, menoreh bencana. Senin (14/3) malam, sekitar pukul 20.00 WIB, sejumlah di kecamatan Bukit Barisan dilanda longsor. Setidaknya ada 21 titik di kawasan Bukik Barisan lumpuh berat. Tanah dan batu di tebing jalan runtuh.
Lokasi terparah di Jorong Rumbai, juga di Jorong Sosokan Kudo, Kelok Sitopuang, dan Kelok Mancang. Sampai sore kemarin, hubungan jalan masih sulit dilalui kendaraan roda empat. Bupati Lima Puluh Kota Alis Marajo langsung memimpin tim menuju ke lokasi longsor, namun susah untuk sampai ke Maek, sebab masih ada satu titik yang dilongsori tanah sepanjang 100 meter.
Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Firmansyah mengatakan bahwa laporan baru diterima pukul 8.00 pagi kemarin. Sebab sinyal handphone yang sulit dan tidak mencapai daerah itu, makanya laporan masyarakat dan pemerintah setempat baru sampai paginya. Laporan ini segera ditanggapi. Disebutkan Firmansyah, Wakil Bupati Lima Puluh Kota Drs.Asyirwan Yunus pagi ini juga akan mengunjungi lokasi longsor.
           Keterangan Firmansyah, 5 titik masih tidak bisa dilalui kendaraan roda dua sekalipun. Barang-barang kebutuhan yang biasa dibawa ke Maek, harus diangkut dengan diangkat tenaga manusia dengan berjalan kaki. Sebelum datangnya Bupati, 1 unit alat berat telah mulai bekerja. Pembersihan jalan dilakukan. Petugas datang pun diiringi oleh masyarakat setempat dengan bergotong royong ikut bekerja. Malam kemarin telah datang 1 unit alat berat tambahan. ” Saya minta, 3 hari saja, jalan sudah normal kembali. Seluruh yang menghambat jalan ini sudah bersih,” ujar Bupati Alis Marajo kepada petugas.
                  Bupati bersama Wakil Ketua DPRD Syafruddin Dt Bandaro Kayo, Kapolsek Suliki AKP I Made Reje, Camat Bukik Barisan Edy Zen, para Wali Nagari turun langsung ke lokasi-lokasi yang longsor. Kedatangan Bupati langsung ke lokasi ini cukup mengobat hati masyarakat. Malam kejadian, masyarakat Maek mulai terisolir. Warga Maek yang terletak di tengah-tengah lingkaran Bukik Barisan itu terkukung. Lokasi jalanan di kaki-kaki Bukik Barisan ini setiap tahun memang selalu dilanda longsor. Sementara ini, akses kendaraan terhambat, yang mengakibatkan akses sembako juga terhalang.
Meski ditarget Bupati tiga hari sudah selesai, pengerjaan pembersihan jalan, menurut Firmansyah bisa dipacu selesai hari ini.
”Dua alat berat, petugas BPBD, serta aparat lainnya kini terus bekerja mengangkat dan membersihkan tanah dan batu serta pohon yang terban ke jalan,” ungkap Firmansyah.

MAEK SULIT
               Kawasan Maek, negeri seribu menhir, nagari yang terletak di Kecamatan Bukik Barisan di lembah keliling bukit-bukit. Jalan menuju ke Maek ini sulit sekali. Di waktu normal saja, aspal yang telah hancur dan jalan berlubang ditepinya jurang dalam. Kendaraan yang datang dan keluar, mesti dikendarai oleh sopir-sopir yang sigap. Sulitnya areal jalan menjadikan masyarakat Maek selama ini hidup dengan ketegaran. Sulitnya kendaraan keluar masuk mengakibatkan arus ekonomi juga cukup sulit. Jalan yang sudah dibangun lama, belum diperbaiki. Sementara, di jalan ini, tepinya sebelah satunya jurang, sebelahnya lagi tebing tanah tinggi. Meski diselingi batu-batu cadas, namun tanah perbukitan itu lunak dan rawan longsor jika hujan mendera deras.
             Bupati Alis Marajo meminta agar penanganan bencana ini dipercepat. Sebab, tidakpun mengakibatkan korban jiwa, namun korban ekonomi akibat terputusnya jalan akan sangat berat. Semalam Bupati Lima Puluh Kota, meminta Wakil Bupati Drs.Asyirwan Yunus untuk kembali mengunjung Maek dalam rangka mempercepat pemulihan transportasi menuju kenagarian Mahat. “ Pagi ini pak Wabup akan ke Mahat dalam rangka mempercepat pembersihan jalan atau normalisasi transportasi  Maek-Payakumbuh. Karena jalan yang longsor itu satu –satu jalan yang dilewati masyarakat menuju ibu  kota kecamatan dan kota Payakumbuh,” ujar Angga , Ajudan Wabub.
Berikut ini Adalah Gambar dari longsor Maek Tersebut.

























Leave a Reply